Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi dan Mempercepat Koneksi Internet Hp Android Yang Lemot

tetiba.blogspot.com - Terkadang Kita merasa jengkel dengan koneksi internet android yang suka lemot padahal paket internet masih banyak dan sinyal hp juga full.




Memang aneh tapi nyata, terdapat sebab kenapa koneksi internet di hp android sering lemot tiba-tiba.


BACA JUGA

Penyebab Koneksi Hp Android Lemot

Masalah yang dapat menyebankan koneksi internet di hp android menjadi lemot, antara lain:

Jaringan Terputus

Biasnya host provider dapat berganti secara otomatis, jika server yang digunakan tiba-tiba mengalami down pada server maka mereka akan mengalihkan jaringan koneksi internet ke yang lebih stabil.


Akan tetapi, proses pergantian host server provider ini dapat menyebabkan gangguan teknis terutama pada pengguna layanan provider internetnya.

Berganti Mode Pesawat

Saat Anda mulai mengganti jaringan dari mode pesawat ke jaringan utama android, secara tidak di sengaja terkadang terdapat stuck yang menyebabkan kondisi internet masih serupa seperti mode pesawat.


Biasanya stuck pada jaringan mode pesawat ini di sebabkan waktu pergantian jaringan yang terkadang membutuhkan waktu beberapa saat hingga benar-benar menemukan jaringan utama untuk internet.

Maintenance Server

Saat provider jaringan internet Anda sedang melakukan perawatan sistem, mereka akan memberitahukan hal tersebut melalui notifikasi sms ke pengguna.


Proses maintenance adalah keadaan teknis dimana provider perlu memperbarui kinerja jaringan dengan perawatan sistem yang biasanya juga di lakukan rutin tiap beberapa bulan.

Perintah Download Otomatis

Jika Anda tidak sadar bahwa telah melakukan setting download otomatis untuk aplikasi android maka tidak heran jika koneksi menjadi lemot ini salah satu penyebabnya.


Perintah download otomatis digunakan untuk update aplikasi dan pembaruan sistem android yang dilakukan karena telah mengatur unduhan ke settingan otomatis.

Ram Android Penuh

Memang sangat mengherankan, ram android yang penuh saja dapat membuat koneksi internet menjadi super lemot dengan cara apapun tidak bisa di atasi.


Ram berfungsi untuk menopang segala aktivitas sistem android bahkan termasuk dengan jaringan koneksi internet android.


Masih terdapat banyak sekali penyebab koneksi internet android menjadi lemot, pasalnya faktor internet android yang lelet itu bisa di sebabkan oleh bawaan dan juga karena aplikasi pihak ketiga.


Untuk mengatasinya lakukan beberapa cara mengatasi dan mempercepat koneksi hp android yang lemot dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Mempercepat Koneksi Internet Android

1. Restart Hp Android

Penggunaan hp android yang terlalu lama atau tidak pernah mematikan hp selama berhari-hari bisa membuat koneksi semakin lamban karena pengaruh sistem dan ditambah lagi akibat suhu ponsel yang sudah cukup panas.

Cara mengatasi koneksi internet android yang lemot karena pemakaian yang terlalu lama yaitu dengan mematikan ponsel atau daapt melakukan restart hp.

2. Ubah Pengaturan Jaringan

Anda dapat memilih pengaturan jaringan berdasarkan pemilihan otomatis atau manual di hp android.

Caranya dengan membuka menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih SIM > Operator > Pendaftaran Otomatis.

Mengubah jaringan dapat mengatasi koneksi internet di hp android, karena server akan mencari lokasi internet terbaru.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Cara lain untuk mengatasi koneksi internet android yang lelet yaitu dengan cara mengaktifkan mode pesawat terbang.

Anda dapat menghidupkan mode pesawat pada menu pintasan di hp android, kemudian aktifkan dan matikan kembali mode pesawat hingga dapat menemukan jaringan baru.

Saat mengaktifkan mode pesawat otomatis jaringan akan hilang, kemudian saat di nonaktifkan kembali provider jaringan akan mencari koneksi host server untuk jaringan internet yang baru.

4. Aktifkan 4G Only

Setiap ponsel mendukung fitur 4G Only, akan tetapi tidak semua pengguna hp anroid mengaktifkan pengaturan ini dan memilih peenyesuaian jaringan GSM/H+/4G.

Saat Anda mengaktifkan 4G only bahkan mati lampu sekalipun internet tetap ngebut tanpa putus-putus.

Cara mengatasi koneksi android yang lenot yaitu dengan mengaktifkan 4G Only. Caranya buka Pengaturan > Jaringan Seluler > SIM > Mode Jaringan > 4G Only.

5. Nonaktifkan VPN Android

Salah satu hal yang membuat koneksi internet android menjadi lamban adalah karena pada pengaturan hp android terdapat VPN bawaan yang menyala.

VPN android yang aktif akan menyebabkan, koneksi internet hanya berfokus pada satu lokasi koneksi misalnya google.com, facebook.com, dan host proxy lainnya.

Untuk mengatasinya pergi ke menu pengaturan android, kemudian pilih jaringan dan pastikan VPN tidak dalam keadaan aktif.

6. Pastikan RAM Cukup

Salah satu sebab koneksi internet android menjadi lemot, daapt dikarenakan RAM atau memory hp android yang penuh.

RAM android sendiri berfungsi untuk menjalankan segala perintah sistem di hp, agar semua aplikasi dan sistem daapt berjalan maka RAM perlu memiliki ruang yang cukup.

Anda dapat membersihkan file-file yang tidak perlu agar kinerjan dan koneksi android menjadi lebih lancar.

7. Bersihkan Cache Aplikasi

Internet android lemot bisa saja tidak terjadi di hp android yang Anda miliki. Hanya saja saat Anda mengakses aplikasi loadingnya terlalu lama.

Aplikasi yang menyimpan banyak data dan cache dapat menyebabkan aplikasi itu tidak bisa bekerja dengan baik, sebaiknya hapus file cache aplikasi.

Cara hapus cache aplikasi android yaitu dengan membuka menu di hp android dan pilih Pengaturan > Pengaturan Lainnya > Pengelolaan Aplikasi > Pilih Aplikasi > Data Aplikasi > Hapus Cache.

8. Nonaktifkan Download Otomatis

Pada hp android terdapat pengaturan download otomatis untuk pembaruan sistem dan aplikasi.

Saat hp android menyala dan terkoneksikan internet, secara langsung jika ada pembaruan maka jaringan akan di gunakan sebagai data untuk download.

Selain dari pengaturan hp android, download otomatis juga terdapat pada aplikasi google play store. Untuk itu sebaiknya nonaktifkan setelan download otomatis.

9. Gunakan SSH Jaringan

Cara mempercepat koneksi internet android yaitu dengan menggunakan layanan SSH jaringan atau server internet luar negeri.

Alternatifnya adaalah dengan menggunakan, website atau dengan aplikasi dukungan seperti VPN, Free SSH, dan lainnya.

Cara menggunakan SSH atau VPN juga mudah cukup download dan aktifkan untuk VPN android. Sedangkan buat akun Free SSH yang bisa Anda dapatkan secara gratis di google, untuk setting SSH bisa Anda input pada VPN bawaan android.

Seperti itulah cara mengatasi dan mempercepat koneksi internet hp android. Cara mengatasinya sangat mudah, namun untuk mempercepat koneksi internet hp android Anda perlu menggunakan tools tertenru atau bantuan pihak ketiga.