Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konten dan Optimasi Website, Mana Yang Perlu Di Dahului ?



Dalam soal pengelolaan website, development yang baik adalah salah satu penunjang untuk keberhasilan (reach target) audience. Hal ini bergantung dengan bagaimana manajemen dalam pengelolaan website.

SEO adalah optimasi yang paling utama agar sebuah situs akan tampil dalam penelusuran search engine sesuai dengan optimalisasi yang dilakukan oleh publisher, developer, atau pemilik website.


Dari sekian studi kasus, lebih dari 70% publisher terlalu fokus pada optimasi situs yang dalam kaitannya dengan meningkatkan kecepatan situs, aksesbilitas situs, dan performa situs. Memang dalam penilaian  kinerja website beberapa peningkatan tersebut diperlukan, namun tidak akan berpengaruh untuk mendapatkan visitor (pembaca).


Sudah banyak pos / artikel tapi website masih sepi...


Mau tahu alasannya ?


Alasan pengunjung web/blog sepi padahal artikel sudah banyak dan terindex


Jangan terlalu fokus untuk membuat websitemu lebih cepat diakses, membuat tampilan yang keren, dan sebagainya. Tekankan ini dan ubah cara ngeblogmu, cukup membuat website mudah dinavigasi oleh pengguna dan mari Kita fokus pada konten !!!


Beberapa poin penting dalam penulisan artikel website


1. Gaya Penulisan


Sudah cape-cape nulis banyak, masih belum dapat pembaca kenapa ya ? Mungkin teknik penulisannya belum oke atau gaya tulisannya yang ngga seo friendly banget.


Artikel berkualitas menjadi faktor utama agar website atau blog yang dikelola dapat meraih pembaca.


Contoh kasus


Artikel A


yang-paling-penting-dalam-website

Memiliki jumlah kata sebanyak 1500 kata dengan penulisan self writing style, atau dalam kata lain penulisannya sesuai dengan mood si penulis saja.


Artikel B

pentingnya-konten-website

Memiliki jumlah kata sebanyak 700 kata dengan gaya penulisan friendly writing style, atau dalam kata lain gaya penulisan yang bersahabat dan menyesuaikan agar mudah dibaca dan dimengerti pengunjung.


Kita dapat mengetahui perbedaannya setelah dari 2 contoh model artikel diatas. Apa ya...


Benar ! Gaya penulisanmu !


Ubah cara Kamu nulis artikel, jangan buat tulisan berdasarkan apa yang Kamu suka saja, apa lagi untuk artikel web. Pengunjung hanya akan mengerti tulisan yang memang dibuat dari hati dan diketik menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami.


Membuat seolah tulisan itu dapat berbicara dengan pengunjung, menjadi nilai plus dan disini artikelmu dapat dikatakan friendly dapat dimengerti dan dipahami.


2. Artikel yang berkualitas


Seperti apa sih artikel yang berkualitas ?


ada beberapa keriteria artikel yang bisa dinilai berkualitas, penilaian ini diambil berdasarkan analisa pakar dan penggunaan tools premium (berbayar).


Artikel yang berkualitas itu antara lain,


a. Ditulis dengan penggunaan bahasa yang tidak pasif


Jangan buat artikel yang disetiap paragrafnya itu hanya basa-basimu saja atau karangan bebas yang seolah-olah itu benar dimata pembaca.


Buatlah setiap tulisanmu memang menuju pada topik atau tema artikel yang Kamu buat. Setiap paragraf berkaitan dengan runtun untuk menuju pada topik masalah.


b. Dimuat dengan jumlah yang kaya akan kata


Artikel yang berkualitas itu gak mungkin sederhana dengan jumlah kata yang minim... Kamu buat tulisan atau cerpen ?


Mari buat sebuah artikel dengan kata yang tidak minim. Muatlah lebih banyak kata didalam tulisanmu dengan hal-hal yang berkaitan dengan tema tulisanmu.


c. Sisipkan media yang ada kaitannya dengan tulisan


Jangan hanya mempublikasikan artikel dalam bentuk tulisan saja tanpa sebuah media yang mewakili dan menggambarkan tulsianmu agar lebih menarik.


Media yang diterapkan pada tulisan yaitu berupa gambar dan video dapat menjadi plus untuk sebuah artikel. Pastikan setiap media yang disisipkan pada tulisanmu itu ada kaitannya atau cocok dengan tulisanmu.


3. Target penulisan artikel


Target pembaca adalah yang paling penting dalam penulisan artikel. Hal yang paling utama dalam penulisan adalah membaca keriteria pengunjung sebelum membuat artikel.


Pahami tujuanmu membuat artikel itu kepada siapa dan untuk dibaca siapa ? Pastinya Kamu punya alasan dalam membuat artikel seperti manfaatnya untuk pembaca dan dari kalangan apa pembacamu.


Contoh


Kamu membuat artikel dengan judul "bisnis online yang cocok untuk mahasiswa"


Disini Kita tahu siapa target yang dituju !!!


Ya betul...


Target pembaca adalah Mahasiswa


Lalu bagaimana cara penulisan yang sesuai untuk keriteria pembaca mahasiswa ?


Tentu saja Kita harus membuat tulisan yang dapat diterima mahasiswa, menyesuaikan dengan tingkat pemahamannya dan bahasa dari artikel yang mudah dimengerti oleh mereka karena target pembacamu adalah remaja jadi harus menyesuaikan dengan karakter mereka.


Beberapa poin diatas dapat membantumu untuk meningkatkan kualitas dalam penulisan konten website atau blog yang Kamu kelola. Utamakan konten daripada optimasi web yang akhirnya tidak akan berdampak pada volume pengunjung websitemu.