Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog atau YouTube ? Strategi Untung Menghasilkan Uang Dari Internet

Blog atau YouTube ? Strategi Untung Menghasilkan Uang Dari Internet - Pertanyaan ini paling sering di tanyakan oleh orang yang hendak berkecimpung di dunia internet. Itu karena orang tersebut harus mengetahui apa yang paling untung atau strategi apa yang paling untung jika hendak memperoleh pundi-pundi penghasilan di dunia internet, maka wajar saja bila mereka harus memikirkan hal tersebut terlebih dahulu.

Memperoleh uang atau penghasilan di dunia internet tidaklah mudah, ada proses usaha yang harus dikerjakan dan perlu pemikiran ekstra agar rencana yang kita buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Baik Blogger Maupun YouTuber keduanya mempunyai peran berbeda, namun dalam hal proses dimana harus terus-menerus memberikan karya yang baik itu memerlukan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Namun tidak menutup kemungkinan, bila anda mengerjakannya dengan nyaman dan sabar maka rezeki anda tidak akan kemana. Sebelum admin menjelaskan nya terlebih jauh, maka admin akan membahas apa itu Blog dan YouTuber.

Blog atau pun Weblog merupakan website yang berisikan artikel-artikel atau jurnal yang ditulis oleh seorang Blogger, dimana artikel tersebut memuat informasi yang di posting secara update dan terus- menerus serta memiliki fungsi dan guna bagi pembaca nya. Seorang Blogger mempunyai tuntutan agar terus memposting artikel  terbaru yang dapat berguna bagi pembacanya, dengan begitu blog yang di bangun nya akan terus berkembang dan dikenal oleh orang yang suka membaca artikelnya. 

Menulis artikel bukanlah sebuah hal yang mudah, perlu pemikiran untuk mengetahui hal apa yang di inginkan oleh orang yang mencari informasi di dunia internet. Dengan demikian kita dapat menulis dan mempunyai sasaran pembaca yang jelas.

YouTube merupakan sebuah situs berbagi video, dimana pengguna memungkinkan untuk melihat, mengunggah dan berbagi video. Video yang unggah atau di masukkan kedalam situs YouTube di lakukan oleh seorang konten kreator yang biasanya di nama kan YouTuber. Sama halnya dengan Blogger, YouTuber juga dalam hal pengambilan keputusan untuk mengunggah sebuah video tidaklah mudah. Seorang YouTuber harus mampu mengetahui video atau konten apa yang paling di sukai serta paling di cari oleh para penonton situs tersebut. 

Ada berbagai cara yang biasanya dilakukan oleh YouTuber untuk menarik perhatian penonton agar menonton video nya tersebut, mulai dari thumbnail yang mengecoh, kualitas video, dan cara penyampaiannya kepada penonton sangat di pertimbangkan. Dengan demikian video yang dibuat dapat terlihat oleh penonton yang sedang meluangkan waktunya di sana.

Sebelum anda memikirkan tentang penghasilan yang anda dapatkan dari 2 perbandingan situs diatas, maka alangkah baiknya jika anda menyimak pemikiran admin berikut ini :

Jika anda senang menulis entah karya ilmiah, informasi, berita, edukasi, puisi, pantun dan lain-lain yang terlihat lukisan dan anda tidak memiliki kemampuan untuk mengedit sebuah video. Maka ada baiknya jika anda  berkecimpung di dunia Blogger. Namun yang paling perlu anda perhatikan bahwa pada dunia blogger kita tidak hanya memposting artikel yang diminati pembaca, namun kita juga di tuntut agar artikel dan blog kita dapat bersaing di dunia internet dengan artikel-artikel blog lain yang sejenis.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui teknik Seo, meta tag, menyesuaikan template dan sedikit pengetahuan tentang kode html agar artikel yang anda post dapat tepat sasaran kepada pembaca yang mencari informasi tersebut.

Jika anda senang membuat video, maka ada baiknya anda mencoba berkecimpung pada dunia YouTuber. Namun seperti yang admin jelaskan diatas bahwa selain di tuntut untuk mengetahui konten seperti apa yang di sukai atau banyak dicari penonton juga harus membuat thumbnail sebagai gambar iklan yang dapat menarik para penonton. Bukan hanya itu, YouTuber juga harus mampu menyetel meta tag pada channel dan video anda agar dapat tepat sasaran kepada orang yang mencari video kategori yang anda buat.

Kemudian, jika kita berbicara keuntungan, maka dapat admin asumsikan bahwa YouTuber sedikit lebih lebih menguntungkan di banding Blogger. Itu karena seorang YouTuber dapat menghasilkan 2 sumber pendapatan yaitu pendapatan langsung dari YouTube itu sendiri dan juga pendapatan dari iklan Adsense. Sedangkan Blogger hanya memperoleh satu sumber penghasilan yaitu hanya berasal dari iklan Adsense.

Artikel diatas hanya merupakan pemikiran dari admin pribadi dan tidak bermaksud untuk menghasut siapapun. Seseorang bebas dalam menentukan pilihan yang berdasarkan pada pemikirannya sendiri. Akhir kata semoga artikel admin kali ini bermanfaat bagi anda dan apabila ada hal yang kurang jelas, maka anda dapat memberikan masukan dan pertanyaan pada kolom komentar di bawah, terimakasih.